Saturday, January 26, 2019

10 Tahun Berlalu....

*bersihin sarang laba-laba*

Helloooooooo... Gilaaaaa apa kabar nih blog?
Lupa kalau blog ini exist. Baru buka lagi juga karena #10YearChallenge, alhasil menapak tilas blog-blogkuh juga. Terakhir post di blog ini tahun 2015 dong dan sekarang udah 2019. Empat tahun sudah tidak bercerita, baca cerita-cerita lama jadi rindu untuk bercerita lagi di blog ini. 

Buat yang engga tau #10YearChallenge, seriously? Lu hidup di goa atau gimana deh? Jadi #10YearChallenge itu challenge yang belakangan lagi hip banget di sosial media, terutama instagram dan twitter. Di mana kita membagikan foto-foto perbandingan kita sekarang dan kita 10 tahun yang lalu. Lucu-lucu gilaa liat foto orang-orang. Full of cringe! Gue liat foto gue di widget sidebar blog ini yang hitungannya ga sampe 10 tahun aja cringe banget yawla. Ya itu juga menunjukan bahwa people change. Kalau kita justru cringe lihat foto-foto lama kita, berarti kita udah berubah lebih baik sekarang, ya kan? :)

gils innocent banget gak tuh..

Yes, people change, 10 tahun coiiii, yakali gitu-gitu aja. Bumi terus berputar, dalam hidup people come and go, trend berubah, teknologi berubah, banyak sekali hal-hal yang terjadi yang pastinya buat kita ikut berubah juga dong, termasuk gue juga. Bukan cuma usia bertambah, bukan juga cuma perubahan fisik, tapi juga banyak perubahan yang telah gue alami. 

Kalo diinget-inget 10 tahun lalu gue baru lulus SD dan baru mau masuk SMP. Masih bocah yang innocent walau ya udah punya persoalan sendiri pada masa itu, tapi kalau dibandingkan dengan sekarang emang masih polos banget, masih belom tercemarlah hehehe. Sepuluh tahun berlalu pastinya banyak banget problems dan mistakes yang gue alami, ya sebagai proses pencarian jati diri juga. Tapi gue tidak menyesali segala problems dan mistakes itu, justru itu menjadi pembelajaran gue dan membentuk gue menjadi pribadi gue yang lebih baik sekarang. 

Sebenarnya mungkin masih sama sih kepribadian gue, masih seawkward dan seintrovert dulu. Mungkin mindset dan gimana gue mengontrol (jangan salah baca ya) emosi gue yang berubah. Salah satu hal yang bener-bener gue camkan sekarang adalah self love dimana gue mulai mencintai dan berdamai dengan diri sendiri; lebih menerima, mengerti, bersyukur akan diri gue sendiri; mencoba masa bodoh dengan pendapat orang lain yang berusaha menjatuhkan. Karena jujur 10 tahun belakangan gue sering banget membiarkan opini orang lain mempengaruhi hidup gue dan berujung pada self-blaming. Itu yang membuat gue depressed dan down banget. 

Sepuluh tahun berlalu dan gue belajar, gimana kita bisa membiarkan orang lain mencintai kita, kalau kita enggak mencintai diri kita sendiri. Yes 10 tahun, banyak sekali orang-orang yang gue temui dalam hidup, gue mendapat banyak sekali pelajaran kehidupan melalui orang-orang tersebut. Mulai dari orang yang baik di depan busuk di belakang sampai yang haters beneran. Tapi gue bersyukur gue  bertemu dan masih punya orang-orang yang peduli sama gue, yang mau menerima dan mencintai gue dengan apa adanya. Orang-orang inilah yang juga membentuk gue menjadi pribadi yang lebih baik.

Wah gila deh pokoknya kalo diceritain secara detail perubahan hidup gue. Ups and downs udah gue lalui, dan pastinya bakal terus ada selama hidup kita, yang penting adalah gimana kita enjoy dan survive. Kita liat 10 tahun ke depan lagi gimana dengan hidup gue. Semoga gue  cerita lagi ya di blog ini. 

Last, ini ada note untuk 2029 Rob yang mungkin bakal throwback lagi baca blog ini dan mungkin #10YearChallenge ngetrend lagi: 

"Apa kabar sekarang bro? Makin ganteng kan! Kerja apa bro? Jadi programmer? Udah married atau masih single? Udah jadi hot daddy belom? Kalaupun masih single, apapun status u, kerja apapun sekarang, no problemo bro!!! You're doing fine!! I'm proud of you, no matter what happened!! Hope you are wayyyyyy happier now, enjoying your life to the fullest. Hope your life always full of love and blessings. Love you, always...
Ini foto you pas tahun 2019, cringe gak? wkwkwk"
 
;